Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Unaaha
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1455Keywords:
Model STAD, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
cooperative learning tipe STAD (student teams achievement division) terhadap
hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII di SMPN 1
Unaaha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif adapun desain
penelitian dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMPN 1 Unaaha dan sampel penelitian
terdiri dari dua kelas yang menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik
penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang
diperoleh lebih representatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
tes. Hasil analisis secara deskriptif diperoleh yaitu: hasil belajar siswa pada kelas
eksperimen (VII c) dengan nilai rata-rata 61,40 diperoleh nilai maksimal 96 dan
nilai minimal 31 lebih baik dibandingkan dengan kelas control (VII d) dengan
nilai rata-rata 31,37 dengan nilai maksimal 61,00 dan nilai minimal 6,00. Hasil
analisis inferensial dengan uji t pada taraf signifikan ???? = 0,05 menunjukkan thitung
= 5.505 > ttabel = 1,685. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model
cooperative learning tipe STAD (student teams achievement division)
berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada
siswa kelas VII di SMPN 1 Unaaha.