Analisis Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1454Keywords:
Soft skill, PLP, kemampuan berbicara, kemampuan beradaptasi, kemampuan kerjasama timAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan soft skill mahasiswa dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dengan metode studi kasus single case design. Terdapat tiga kompetensi dasar soft skill pada penelitian ini yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi dan kemampuan kerjasama tim yang dideskripsikan dan dianalisis berdasarkan indikator pada setiap kompetensi dasarnya. Subjek penelitian ini terdiri dari 70 mahasiswa dari Prodi PGSD Universitas Bhayangkara yang ditugaskan selama satu bulan di 7 sekolah dasar mitra di kota Bekasi. Data dikumpulkan dari lembar observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru pamong dan kepala sekolah dari setiap sekolah mitra yang kemudian diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa sebesar 62,93%, 71% pada rata-rata kemampuan beradaptasi dan 80,57% pada rata-rata kemampuan kerjasama tim. Hasil yang diperoleh mengidentifikasikan soft skill mahasiswa PGSD pada program PLP dinilai cukup baik.