Pengaruh Pemberian Kuis dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Buru
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1453Keywords:
Kuis, motivasi, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pemberian kuis dan motivasi terhadap hasil belajar matematika materi segi empat kelas VII SMP Negeri 11 Buru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denganĀ pendekatan ex-post facto. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian kuis, motivasi dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis Regresi Linear Berganda dan analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat di lihat pada uji hipotesis (uji t) diperoleh t hitung > ttabel (4,18 > 2,07), ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika hal ini dapat dilihat pada uji t diperoleh thitung > ttabel (4,26 > 2,07), dan ada pengaruh pemberian kuis dan motivasi terhadap hasil belajar matematika yang dapat dilihat pada uji hipotesis (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel (17,17 > 3,44). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis dan motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi segi empat pada siswa kelas VII1 SMP Negeri 11 Buru.