Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Di SLB Dharma Wanita Makale

Authors

  • Irene Hendrika Ramopoly Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Deselina Toding Bua Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1452

Keywords:

Kesulitan guru, mengajar, ABK, tunagrahita

Abstract

Ada beberapa kesulitan yang dialami oleh guru tunagrahita misalnya tidak semua siswa dapat dengan mudah mengerti apa yang diajarkan oleh guru, karena kecerdasan mereka di bawah rata-rata, sulit memusatkan perhatian anak tunagrahita, dan berkomunikasi dengan siswa tunagrahita sulit karena kosa kata anak tunagrahita sangat terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengidentifikasi komponen/faktor yang menjadi penyebab guru kesulitan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (tunagrahita), dan juga upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi kesulitan yang dialaminya tersebut (tunagrahita). Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru, dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan informasi meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Downloads

Published

2022-01-31