Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 126 Inpres Garampa’

Authors

  • Ayub Seven Panggarra Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Trivena Trivena Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v4i1.1266

Keywords:

Metode Jarimatika, keterampilan berhitung

Abstract

Guru yang kurang bervariasi dalam mengajarkan matematika dapat mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh. Cara yang lazim digunakan guru adalah menghafal atau mengingat rumus, sehingga membebani otak siswa karena kemampuan tiap siswa berbeda-beda dalam menghafal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung. Pembagian pada siswa kelas IV SDN 126 Inpres Garampa’. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas IV SDN No. 126 Inpres Garampa’ dengan dua Siklus, dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Pada tingkat keberhasilan siswa kelas SDN No. 126 Ipres Garampa’ setelah menerapkan metode jarimatika dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I pembelajaran I dan Pembelajaran II rata-rata kelas 68,5% dan terdapat 70% siswa yang mendapat nilai tuntas yakni ? 68 atau telah mencapai KKM. Pada hasil tes Siklus II pembelajaran I dan Pembelajaran II rata-rata kelas adalah 87,2% dan terdapat 90% siswa yang mendapat nilai tuntas.

Downloads

Published

2021-06-13