Dampak Negatif Psikologis Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Kristen Indonesia Toraja

Authors

  • Irene Hendrika Ramopoly Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Charlie Baka Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v4i1.1264

Keywords:

Dampak negatif psikologis, Pembelajaran Daring, Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Kristen Indonesia Toraja

Abstract

Proses pembelajaran daring selama pandemi covid19 menimbulkan berbagai dampak, seperti dampak fisik, sosial, dan psikologis baik positif dan negatif. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak negatif psikologis pembelajaran daring. Dampak negatif psikologis yang dialami oleh mahasiswa Prodi PGSD Universitas Kristen Indonesia Toraja selama mengikuti proses pembelajaran daring, yaitu motivasi belajar menurun, cemas, gelisah, khawatir, panik, stres dan bingung. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif. Jumlah subjek penelitian yaitu 135 orang, yang terdiri dari mahasiswa semester 3 dan 7 PGSD kelas Makale Universitas Kristen Indonesia Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak negatif psikologis pembelajaran daring pada mahasiswa Prodi PGSD Universitas Kristen Indonesia Toraja.Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap. Pertama, yaitu mengidentifikasi dampak negatif psikologis pembelajaran daring. Kedua, yaitu menyajikan data. Ketiga, yaitu memverfikasi data/ menarik kesimpulan, serta melakukan publikasi. Hasil dan luaran yang diharapkan pada penelitian ini adalah menghasilkan referensi tentang dampak psikologis pembelajaran daring.

Downloads

Published

2021-06-13