Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Implementasi PPK Berbasis Kelas Di SD Se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman

Authors

  • Ratna Octaviani Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sanata Dharma
  • Maria Melani Ika Susanti Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v3i2.1106

Keywords:

Akreditasi sekolah, implementasi PPK berbasis kelas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program yang dicanangkan oleh pemerintah yaitu Penguatan Pendidikan Karakter yang diimplementasikan di setiap satuan pendidikan (sekolah).Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan melalui 3 basis, diantaranya adalah adalah basis kelas. Sekolah harus memenuhi atau melampaui standar kelayakan minimal yang dilakukan melalui kegiatan akreditasi. Setiap sekolahmemiliki otoritas penuh untuk mengembangkan berbagai program kerja demi memenuhi dan bahkan melampaui target yang ingin dicapai, termasuk dalam praktik pembelajaran di kelas. PPK berbasis kelas memiliki fokus kajian pada pelaksanaan pembelajaran dalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akreditasi sekolah terhadap implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas di sekolah dasar se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, yang berjumlah 114 guru dan sampel 95 guru yang ditetapkan melalui tabel penentuan jumlah sampel minimal menurut Krecjie dan Morgan dengan teknik sampel random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner terbuka dan tertutup, observasi, dan studi dokumenter. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis ujit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh akreditasi sekolah terhadap implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas di sekolah dasar se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Hal tersebut didukung dengan hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai r hitung sebesar = 0,515. Didapati hasil nilai rhitung> rtabel = 0,515 > 0,291, hal ini berarti akreditasi sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap implementasi PPK berbasis kelas,, KD (Koefisien Determinan) diperoleh hasil 26,52%, yang berarti bahwa ada pengaruh antara akreditasi sekolah terhadap implmentasi PPK berbasis kelas. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh t = 2,49. Pada taraf signifikansi 5% atau ? =0,05 dan dk = n-2 = 17, diperoleh nilai ttabel adalah 2,110 karena nilai thitung> ttabel yaitu 2,49 > 2,110 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara akreditasi sekolah terhadap implementasi PPK berbasis kelas.

Downloads

Published

2021-01-31