Kohesi Gramatikal Wacana Iklan dalam Surat Kabar Kompas
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v4i2.649Kata Kunci:
Iklan, Kohesi Gramatikal, KompasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penggunaan piranti kohesi gramatikal wacana iklan yang terdapat dalam surat kabar Kompas edisi November-Desember 2012
Manfaat dari penelitian ini adalah (1) Sebagai pedoman atau acuan bagi penikmat-penikmat bahasa khususnya di bidang analisis wacana.(2) Memberikan sumber utama bagi peneliti sendiri memahami tentang analis wacana, (3) Sebagai kontribusi untuk pengembangan ilmu di bidang bahasa, khususnya kelengkapan literatur di perpustakaan UKI Toraja.
Jenis penelitian ini lebih mengarah pada jenis penelitian kualitatif yaitu data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan prosedur untuk menghasilkan data deskriptif, yakni penggunaan piranti kohesi gramatikal wacana iklan dalam surat kabar Kompas yang terbit pada edisi 28-29 November dan Desember 2012. Sumber data dalam penelitian ini ialah diperoleh dari surat kabar Kompas, yang terbit pada edisi 28-29 November dan Desember 2012. Adapun teknik penelitian ini menggunakan: teknik observasi dilakukan untuk menjejaki dan memperoleh gambaran yang lebih jelas, dan mengamati keadaan yang wajar dan yang sebenarnya tanpa usaha disengaja untuk mempengaruhi, mengatur atau memanipulasinya; teknik dokumentasi yaitu teknik lanjutan dari teknik observasi adalah teknik dokumentasi yakni teknik yang mengumpulkan semua pemerolehan data dari lapangan misalnya melalui teknik catat yang bertujuan untuk mencatat data-data penelitian yang diperoleh dari wacana iklan surat kabar Kompas yang berupa penggunaan piranti kohesi gramatikal.
Simpulan hasil penelitian yaitu penggunaan kohesi gramatikal wacana iklan yang terdapat dalam surat kabar Kompas yang diterbitkan pada tanggal 28-29 November dan Desember 2012. Penanda kohesi gramatikal yang ditemukan secara bervariasi, diantaranya: kohesi gramatikal yang berupa kategori: pronomina, konjungsi (koordinatif, temporal, dan kausal)