DAMPAK KINERJA MENGAJAR GURU DAN POLA PENGASUHAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO EMOSIONAL SISWA TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v2i1.379Kata Kunci:
Kinerja Mengajar Guru, Pengasuhan Orang Tua, Sosio Emosional, TKAbstrak
TK merupakan lembaga yang bertujuan untuk mengarahkan perkembangan sosio emosional sesuai dengan harapan. Perkembangan sosio emosional anak akan optimal tentunya sangat ditentukan di antaranya oleh kinerja mengajar guru dan pola pengasuhan orang tua di rumah sejalan dengan program guru di TK. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengungkap lebih jauh dampak kinerja mengajar guru dan pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan sosio emosinal siswa taman kanak-kanak dengan fokus kajian: (1) bagaimana kondisi aktual kinerja mengajar guru TK, (2) bagaimana kondisi aktual pola pengasuhan orang tua di TK, (3) bagaimana kondisi aktual perkembangan sosio emosional siswa TK , (4) seberapa besar dampak kinerja guru terhadap perkembangan sosio emosional siswa TK, (5) seberapa besar dampak pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan siswa TK dan (6) seberapa besar dampak kinerja mengajar guru dan pola pengsuhan orang tua secara bersama-sama terhadap perkembangan siswa TK.
Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel bebas dan variabel terikat melalui uji statistik. Oleh karena itu penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa TK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru TK termasuk kategori baik dilihat dari keterampilan pembuatan rencana kegiatan belajar harian, rencana kegiatan belajar mingguan, rencana kegiatan belajar Bulanan, dan rencana kegiatan belajar tahunan, (2) pola pengasuhan orang tua siswa TK termasuk kategori baik dilihat dari indikator menanamkan pengetahuan nilai dan perilaku pada anak, penciptakan suasana emosional dalam keluarga, menjalin, hubungan dengan anggota keluarga, tugas-tugas sekolah dan berteman dalam bermain. (3) perkembangan sosio emosional siswa TK termasuk kategori baik, (4) kinerja guru berdampak positif terhadap perkembangan sosio emosional siswa TK, (5) pola pengasuhan orang tua berdampak positif terhadap perkembangan sosio emosional siswa TK, (6) kinerja guru dan pola pengsuhan orang tua secara bersama-sama berdampak positif terhadap perkembangan sosio emosional siswa TK.
Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi disampaikan kepada pihak sekolah yaitu; kepala sekolah, guru dan orang tua sebaiknya : (1) kepala sekolah dapat membina dan meningkatkan kinerja mengajar guru, memotivasi guru setiap saat agar dapat meningkatkan kualifikasi akademik, (2) guru hendaknya meningkatkan kinerja mengajarnya sehingga membantu tercapai perkembangan sosio emosional secara maksimal, mengadakan kerjasama antar guru TK dalam berbagi ilmu dan pengalaman mengajar, (3) orang tua dapat mengarahkan perkembangan sosio emosional anak dengan pola pengasuhan pengertian dan kasih sayang dalam bentuk memperlakukan anak dialogis, menghindari hukuman fisik sehingga tercipta hubungan harmonis, (4) peneliti selanjutnya dapat mengembangan berbagai konsep dan temuan yang telah dikemukakan dalam penelitian ini.