Studi Tentang Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v5i1.720Keywords:
Pemanfaatan, internet, sumber belajar, mahasiswaAbstract
Peningkatan mutu pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan pengajar/dosen dalam mendidik mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai ditunjang media pembelajaran yang memadai. UKI Toraja sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi berusaha memperbaiki proses pembelajaran dengan memanfaatkan internet sebagai salah satu media pembelajaran bagi mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti bagaiman pemanfaatan internet sebagai sumber belajar di UKI Toraja? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti ingin memberikan gambaran informasi secara jelas tentang pemanfaatan internet untuk mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan ruang lingkupnya, penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus dimana hasil penelitian ini nantinya tidak dapat digeneralisasikan ke tempat lain, sebab hasil penelitian ini hanya berlaku pada situasi dan kondisi yang ada pada saat itu. Jadi bila ada penelitian yang sama maka harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang baru. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa UKI Toraja telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Pemanfaatan tersebut meliputi pemanfaatan sebagai sumber informasi, berita, materi pembelajaran dan komunikasi oleh dosen dan pegawai. Bagi mahasiswa internet sudah dimanfaatkan sebagai rujukan referensi dalam penyelesaian tugas. Meskipun demikian, masih terdapat kendala-kendala yang harus diatasi agar pemanfaatan internet dapat lebih maksimal dilakukan. Diantaranya adalah kurangnya kemampuan mahasiswa untuk mengakses internet, keterbatasan jumlah komputer dan masih kurangnya jumlah bandwidth yang disediakan dikampus.