HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 5 MENGKENDEK

Authors

  • Ranak Lince Universitas Terbuka Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47178/agro.v2i3.698

Keywords:

Kecerdasan emosional, hasil belajar

Abstract

Kecerdasan emosional (Emotional Quotient atau EQ) merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengelola segala emosi yang ada pada dirinya dengan baik. Kecerdasan emosional menuntut diri untuk belajar mengakui dan menghargai perasaan diri sendiri dan orang lain dan untuk menanggapinya dengan tepat, menerapkan dengan efektif energi emosi dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. Tiga unsur penting kecerdasan emosional yaitu: kecakapan pribadi (mengelola diri sendiri), kecakapan sosial (menangani suatu hubungan), dan keterampilan sosial (kepandaian menggugah tanggapan yang dikehendaki pada orang lain).Kecerdasan emosional bukan merupakan lawan kecerdasan intelektual yang biasa dikenal dengan IQ, namun keduanya berinteraksi secara dinamis. Hasil belajar di sekolah sangat dipengaruhi oleh kemampuan umum siswa yang diukur oleh IQ, IQ yang tinggi meramalkan sukses terhadap hasil belajar. Namun kesuksesan seseorang dalam hidup yang disumbangkan oleh IQ paling banyak 20%, sedangkan 80% ditentukan oleh faktor EQ. Dengan kecerdasan emosional siswa akan tekun, konsentrasi, tenang, teliti, dan sabar dalam menggunakan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya. Dengan demikian, siswa yang mampu mengatur emosinya secara baik dalam proses belajar mengajar akan diharapkan memperoleh hasil belajar yang baik pula.Berawal dari asumsi di atas penulis termotivasi untuk menyelidiki tentang hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa. Dalam penyeledikan ini populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Mengkendek. Data hasil penelitian diperoleh dengan teknik kuesioner untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional dan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai rapor. Hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mengkendek. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 4,097%, dan ttabel = 2,06 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,060. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang dimiliki siswa.

Published

2019-07-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 5 MENGKENDEK. (2019). AgroSainT, 2(3), 169. https://doi.org/10.47178/agro.v2i3.698