ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATRIKS
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v1i4.363Keywords:
kemampuan siswa, matriksAbstract
Matriks adalah susunan berbentuk persegi panjang dari bilangan-bilangan menurut baris dan kolom serta ditempatkan dalam kurung (kurung biasa atau kurung siku). Materi ini merupakan salah satu pokok materi matematika yang dipelajari di SMA. Mempelajari matriks sangat rumit karena materinya dimulai dari definisi sampai pada menyelesaikan persamaan linear dengan menggunakan matriks. Atas dasar tersebut, maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matriks.
Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Mengkendek yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII IPA1 sebanyak 23 orang dan kelas XII IPA2 sebanyak 23 orang. Oleh karena populasi penelitian ini sangat terbatas, maka populasi sekaligus sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa 46 orang. Ini berarti sampel yang digunakan adalah sampel total.
Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes yaitu tes uraian sebanyak 10 nomor soal. Tes diberikan kepada siswa untuk dikerjakan, kemudian diperiksa dan diberi skor, dan selanjutnya dianalisis. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif berupa skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, dan pengkategorian yang dimaksudkan untuk mendeksripsikan karakteristik responden.
Hasil analisis penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mengkendek dalam menyelesaikan soal-soal matriks tergolong tinggi dengan skor rata-rata 82,86. Ini berarti siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mengkendek secara umum sudah menguasai konsep matriks khususnya dalam menyelesaikan soal-soal operasi matriks.