Analisis Efisiensi Usahatani Kentang (Solanum tuberosum) Dan Pemasarannya Di Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v3i1.622Keywords:
efisiensi pemasaran, efisiensi usahatani, kentangAbstract
Analisis efisiensi usahatani dan pemasaran pada tanaman kentang di Lecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efisiensi usahatani dan pemasaran pada tanaman kentang. Desa yang mewakili adalah Desa Bonto Lojong, Bonto Marannu, dan Bonto Daeng. Jumlah petani responden ada 50 petani. Data telah dimabil dari data primer. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan dua metode yaitu; 1) Analisis fungsi produksi Cobb-Douglas, dan 2) Analisis efisiensi margin dan pemasaran. Hasil survei mengindikasikan bahwa nilai koefisien diterminasi usahatani kentang adalah 0,979 (97,9 %) dan ini berarti bahwa ada kekuatan secara nyata pada pemilikan lahan, kebutuhan bibit, pupuk, pestisida, dan tenaga kerja sebagai factor produksi dan 2,1 % dipengaruhi oleh factor lain. Margin yang diterima oleh pedagang sekitar Rp. 300/kg – Rp. 750/kg dan efifiensi pemasaran mencapai 5,4 % - 16,40 %.