Mengoptimalkan Pengalaman Belajar menggunakan AI dalam Dunia Pendidikan pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Authors

  • Anna Pertiwi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Yulius Panter Bara Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Yohari Pakiding Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2285

Keywords:

Kecerdasan Buatan (AI ), pengalaman belajar, Teknologi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kecerdasan buatan (AI ) dalam upaya mengoptimalkan pengalaman belajar mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Kelas C. kecerdasan buatan (AI) adalah teknologi yang semakin penting dalam dunia pendidikan karena potensinya untuk mengadaptasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu, meningkatkaninteraktivitas, dan memberikan rekomendasi pembelajaran yang relevan. Metode penelitian ini mencakup survei, wawancara, dan pengumpulan data akademik yang akan digunakan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran pada Kelas C. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dampak kecerdasan buatan (AI) terhadap partisipasi siswa, pencapaian akademik, dan tingkat keterlibatan dalam proses pembelajaran. Hasil yang diharapkan adalah pemahaman yang lebih dalam tentang cara kecerdasan buatan (AI)  dapat mengubah cara mahasiswa dalam Program Studi Teknologi Pendidikan mengakses, mengasimilasi, dan berinteraksi dengan materi pembelajaran mereka. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI)  dalam proses pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini akan berpotensi memberikan kontribusi signifikan untuk mengoptimalkan pengalaman belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan, memperkaya pendekatan pendidikan di perguruan tinggi, dan memanfaatkan keunggulan teknologi kecerdasan buatan (AI)  dalam konteks pendidikan.

References

@ journals.ukitoraja.ac.id. (n.d.). https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/2219

Balyen, L., & Peto, T. (2019). Promising artificial intelligence–machine learning–deep learning algorithms in ophthalmology. Asia-Pacific Journal of Ophthalmology, 8(3), 264–272. https://doi.org/10.22608/APO.2018479

Budihardjo, A. (2022). AI dan Manusia: Mengoptimalkan Kinerja Perusahaan? Forum Manajemen, 36(2), 38–48.

Budiman, A., Ahdan, S., & Aziz, M. (2021). Analisis Celah Keamanan Aplikasi Web E-Learning Universitas Abc Dengan Vulnerability Assesment. Jurnal Komputasi, 9(2), 1–10.

Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial Intelligence trends in education: A narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.233

Hanila, S., Alghaffaru, M. A., Ekonomi, F., Manajemen, P., Bengkulu, U. D., & Learning, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. 2(2), 221–226.

Jaya, H., Sabran, D., Pd, M., Ma, M., Djawad, Y. A., Sc, M., Ilham, A., Ahmar, A. S., Si, S., & Sc, M. (2018). Kecerdasan Buatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Kaffah, F. M., Syekh, I., & Cirebon, N. (2023). Revitalisasi Kurikulum?: Mengoptimalkan AI untuk Meningkatkan Relevansi Pembelajaran. 01(06), 357–363.

Pertiwi, A., Kamal, K., M. Daming, H., Takdir, M., & Hamid, H. (2023). Development of Android-Based Interactive Multimedia On Thematic Learning. Journal on Education, 6(1), 3457–3465. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3414.

Pertiwi, A., Pd, S., & Pd, M. (n.d.) . Kebutuhan Pengembangan Media Film Pembelajaran Hikayat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Negeri 12 Tana Lili.

Rienties, B., Køhler Simonsen, H., & Herodotou, C. (2020). Defining the Boundaries Between Artificial Intelligence in Education, Computer-Supported Collaborative Learning, Educational Data Mining, and Learning Analytics: A Need for Coherence. Frontiers in Education, 5(July), 1–5. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00128

Wisky, I. A., Akhiyar, D., & Robianto, R. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kecerdasan Buatan ( AI ) SYLLABY Sebagai Alat Bantu Mengerjakan Tugas Sekolah Bagi Santriwan / wati TPQ Mushalla Nurul Haq. 01(01), 8–14.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022

Additional Files

Published

2023-11-20