Persepsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja Angkatan 2020 Mengenai E-Learning

Authors

  • Putri Reski Adi Ningsih Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Amanda Nudia Sampe Tandung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Nugraha Risty Ritting Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Anna Pertiwi Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Persepsi, E-Learning, Teknologi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2020 mengenai e-learning dan untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa terhadap penerapan e-learning pada program studi teknologi pendidikan di Universitas Kristen Indonesia Toraja. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan angket terhadap mahasiswa program studi teknologi pendidikan Univeristas Kristen Indonesia Toraja angkatan 2020 yang dipilih secara acak dan teknik  deskirptif digunakan sebagai teknik analisa. Hasil analisis menunjukkan mahasiswa mengetahui e-learning, sebanyak 62% mahasiswa mendefenisikan e-learning sebagai suatu pembelajaran yang dilakukan secara online (daring) dan sisanya 38% mendefenisikan e-learning sebagai pembelajaran elektronik berbasis teknologi. Penelitian ini juga menyimpulkan sebanyak 95,5% mahasiswa memberikan persepsi positif terkait efektivitas mangakses materi dan sebanyak 95% memberikan respon positif dalam kategori keefektivitasan pengumpulan tugas lewat e-learning. Mahasiswa teridentifikasi 86,4% memberikan persepsi positif terkait e-learning dalam bentuk quiz interaktif dibanding quiz secara langsung di kelas. Dan terindentifikasi sebanyak 86,4%

memberikan respon negatif terkait e-learning dalam bentuk diskusi virtual secara online.

 

References

Hendriyani, Y., & Effendi, H. (2015). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Pemograman di Fakultas Teknik UNP. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 8(1), 48–58. https://doi.org/10.31227/osf.io/w826a

Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia , Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Laisa, Z. (2019). Teknologi Komunikasi Pembelajaran E-Learning di Perguruan Tinggi.

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan e-Learning sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005), 2005(Snati), 8.

Nevid, J. S. (2021). Sensasi dan Persepsi: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi . Indonesia: NUSAMEDIA.

Prawatiningsih, D. (2022). Kualitas Pembelajaran E-Learning Berdasarkan. 5, 25–35.

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-Learning, Konsep, Teknologi & Arah Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Soekartawi. (2017). E-learning: Konsep dan Aplikasinya. Paper Presented in Balitbang Depdiknas Seminar ,18 Februari 2017, November, 1–200.

Sabrini, S. S., Liskustyawati, H., Sunardi, Satyawan, B., Nugroho, D., & Putra, B. N. (2021). Persepsi & Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan Mengiplementasikan E-Learning Pada Masa Covid 19. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Simanihuruk, L., Simartama, J., Sudirman, A., Hasibun, M., Safitri, M., Sulaiman, O. K., . . . Hafni , S. (2019). E-Learning Implementasi, Strategi dan Inovasi. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Udil, P. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Schoology. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 79–91. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.3147

Downloads

Published

2023-11-12