Efektivitas Pendekatan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kapalapitu

Authors

  • hersiyati palayukan UKI Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/zig.v1i1.976

Keywords:

Efektivitas, Pendekatan TPS, Pemahaman Konsep.

Abstract

Pendekatan Think Pair Share adalah Pendekatan yang terdiri dari tiga tahapan dalam pembelajaran yaitu tahap berfikir (Thingking), tahap berpasangan (Pairing) dan tahap berbagi (Sharing). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan TPS efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa SMP Negeri 2 Kapala Pitu. Desain yang digunakan adalah posstest only group sedign. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Kapala Pitu tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 130 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B sebagai kelas kontrol dan kelas VII.E sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data pemahaman konsep siswa diperoleh dengan skor hasil tes yaitu tes uraian.

Berdasarkan hasil pengolahan data maka diperoleh rata-rata peroleh kelas eksperimen adalah 80,62 latau pada kategori tinggi  dan rata-rata perolehan kelas kontrol adalah 54,80 pada kategori sedang. ini berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Think pair share efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari pemahaman konsep operasi hiting bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kapala Pitu.

Downloads

Published

2020-06-13

Issue

Section

Articles