Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Katolik Makale

Authors

  • Lasarus Lasarus UKI Toraja
  • Tiara Pratini

DOI:

https://doi.org/10.47178/zig.v1i1.973

Keywords:

kecerdsan emosional, hasil belajar, matematika

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, mengendalikan diri, mengolah emosi, memotivasi diri sendiri, dapat berempati, dan kemampuan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Hasil belajar matematika adalah hasil yang diperoleh oleh siswa setelah melakukan aktivitas pembelajaran matematika dalam periode waktu tertentuĀ  yang diwujudkan berupa angka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Katolik Makale. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Katolik yang dipilih secara random sampling yang berjumlah 20 siswa. Angket kecerdasan emosional yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang sudah valid dan sudah pernah digunakan untuk menelitih yang diadopsi dari skripsi Vermidayanti Arung Kambu yang berjumlah 25 butir pertanyaan, dan untukĀ  hasil belajar matematika siswa adalah nilai ulangan harian matematika siswa yang diperoleh dari guru bidang studi yang bersangkutan di SMP Katolik Makale. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik desriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Katolik Makale sebesar 26,7%. Selebihnya 73,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil analisis regresi diperoleh nilai konstan 112,044 dan koefien regresi untuk variable kecerdasan emosional sebesar 0,374, sehingga diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y = 112,044 + 0,374X.

Downloads

Published

2020-06-13

Issue

Section

Articles