Efektivitas Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sesean Satap
DOI:
https://doi.org/10.47178/zig.v1i1.970Keywords:
Efektivitas, hasil belajar, aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaranAbstract
Pembelajaran kontekstual merupakan prosedur pendidikan yang bertujuan membantu peserta didik memahami makna bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sendiri dalam lingkungan sosial dan budaya masyarakat Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sesean Satap. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sesean Satap yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan metode pengambilan sampel cluster random sampling. Data untuk hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre test dan post test, sedangkan data tentang aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh lewat pengamatan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif Hasil analisis deskriptif kualitatif menunjukkan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Sesean SatapĀ dari dari rata-rata nilai pre test dan post test yang diuji dengan rumus N-Gain adalah 0,64 dikategorikan sedang. Aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sesean Satap menunjukkan hasil 73,23 persen dikategorikan aktif. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil 88,6 persen dikategorikan baik. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual masih belum efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sesean Satap karena hasil belajar siswa belum pada kategori tinggi