Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Saluputti Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras
DOI:
https://doi.org/10.47178/zig.v1i1.968Keywords:
Gallery Walk, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Saluputti. Model pembelajaran kooperatif yang menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa yang diharapkan memberikan pemahaman yang baik kepada siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah gallery walk yang menuntut siswa belajar aktif, memecahkan permasalahan dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk dengan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Saluputti. Sampel penelitian terpilih secara acak yang terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk. Data penelitian diambil dengan menggenakan pre-test dan post-test dimana pemberian pre-test pada awal sebelum pembelajaran dimulai pembelajaran pada kelas control dan eksperimen sedangkan post-test diberikan pada akhir pembelajaran setelah kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk mempengaruhi post-test hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada post-test hasil belajar siswa yang diajar menggunaka model pembelajaran konvensional.Dimana nilai rata-rata post-test siwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk adalah 70,33 lebih tinggi dari pada rata-rata post-test siswa dengan model pembelajaran konvensional yaitu 60,68.