PELATIHAN PENILAIAN KARAKTERISTIK SISWA BAGI GURU SMA NEGERI 1 MUKOMUKO UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.47178/s6fds324Kata Kunci:
pelatihan guru, penilaian karakteristik siswa, pembelajaran efektif, pengabdian masyarakat, SMA Negeri 1 MukomukoAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran yang efektif di sekolah menuntut guru untuk memahami karakteristik peserta didik secara menyeluruh. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 1 Muko Muko belum memiliki kompetensi yang memadai dalam melakukan penilaian karakteristik siswa sebagai dasar dalam merancang metode pembelajaran yang tepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menilai karakteristik siswa melalui pelatihan dan pendampingan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah interaktif, diskusi, simulasi, dan praktik langsung penyusunan instrumen penilaian karakter. Kegiatan diikuti oleh 25 guru dari berbagai mata pelajaran dan dilaksanakan selama dua hari di SMA Negeri 1 Mukomuko. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap konsep karakteristik siswa meningkat secara signifikan, ditandai dengan peningkatan nilai pre-test dan post-test serta kemampuan menyusun instrumen penilaian karakter yang relevan. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang lebih adaptif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan pendampingan implementasi di kelas guna memastikan keberlanjutan praktik pembelajaran berbasis karakteristik siswa.
Referensi
Abdurrahman, M., & Pramono, R. (2017). The implementation of character assessment in determining teaching and learning methods in senior high schools. Indonesian Journal of Educational Assessment, 12(1), 49-58.
Asikin, M. (2014). Pendidikan karakter: Strategi mendidik anak di zaman global. PT. Bumi Aksara.
Azizah, N., & Irawan, R. (2020). The role of character assessment in determining effective teaching and learning methods in senior high schools. Journal of Educational Research and Evaluation, 4(2), 129-140.
Handayani, D., & Nurvita, R. (2019). The analysis of character assessment in determining appropriate learning methods in senior high schools. Journal of Educational Assessment, Evaluation, and Research, 3(2), 105-116.
Lapan, R. T., Gysbers, N. C., & Kayson, M. A. (2014). Developing and managing your school guidance and counseling program (5th ed.). Merrill.
Lestari, N. W. (2016). Pengembangan model penilaian karakter siswa dalam pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 210-223.
Mulyasa, E. (2016). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Prayitno, A. (2018). Penilaian sikap karakter dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 33-46.
Priyatno, D. (2018). Pendidikan karakter di sekolah: Konsep dan implementasi. Penerbit CV. Marjin Kiri.
Rahmawati, A., & Wahyuni, D. (2018). The importance of character assessment in determining optimal learning methods in senior high schools. Journal of Education and Learning, 12(2), 209-219.
Setyosari, P. (2016). Pendidikan karakter: Prinsip dan implementasi. Penerbit Gava Media.
Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: Theory and practice (11th ed.). Pearson.
Sulistyorini, R. (2019). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi di sekolah. Deepublish.
Susanti, I., & Arifin, M. (2016). Character assessment as a basis for determining effective learning methods in senior high schools. Journal of Educational Assessment and Evaluation, 2(1), 21-32.
Wasisto, B. (2016). Pendidikan karakter: Landasan, metode, dan implementasi. Penerbit Gava Media.
Yusuf, S., & Fitriyani, D. (2019). Penerapan karakter pada metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 440-449.
Jurnal Pendidikan Karakter: Jurnal Kajian Pendidikan Karakter, Etika, dan Moral. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka
Jurnal Pengembangan Karakter (Character Development). Retrieved from http://journal.unair.ac.id/character-development-journal.htm








