Peningkatan Kapasitas Literasi Membaca Pemahaman dan Numerasi di SD Inpres 62 Asai melalui Program Kampus Mengajar Angkatan VII
DOI:
https://doi.org/10.47178/8pr19k60Keywords:
Literasi, Numerasi, Peningkatan kapasitas, Kampus mengajarAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas literasi membaca pemahaman dan numerasi dasar siswa kelas rendah di SD Inpres 62 Asai melalui Program Kampus Mengajar Angkatan VII. Berdasarkan hasil observasi awal, sebagian besar siswa kelas I–III mengalami kesulitan dalam memahami teks sederhana dan menyelesaikan soal matematika dasar. Melalui kolaborasi antara mahasiswa peserta program Kampus Mengajar, dosen pembimbing, dan guru kelas, dilakukan serangkaian intervensi pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual dan media belajar sederhana. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap isi bacaan serta kemampuan berhitung dasar secara signifikan. Program ini juga berhasil memperkuat kemitraan antara perguruan tinggi dan sekolah dasar dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan dasar di wilayah 3T.
References
Aditya Dharma, I. Md. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Baan, A., & Dewi, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Anastasia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 7(1).
Bin Tambak, S., Musrifah, A., Sari, D. P., Fatimah, W., Kamilah, J., Permata, B. P., & Damayanti, S. K. (2023). PENYULUHAN PENINGKATAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI DAERAH TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL. Journal of Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.35194/je.v4i1.3433
Faridah, N., Nurhasanah, N., Tahir, M., Nurbayan, ST., & Arifuddin, A. (2023). KOLABORASI GURU DAN MAHASISWA DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR 4 DI SMPN 10 KOTA BIMA. EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI), 6(1). https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1159
Firdausi, A. (2019). Implementasi Program Pustaka Bergilir Di Daerah Tertinggal [Implementation of Rotating Library in Disadvantaged Regions]. Jurnal AKRAB, 10(1). https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i1.265
Hamid, A., & Alberida, H. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. 3(3), 911–918.
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857
Komang Trisna Budiadnyani, N. (2022). Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Program Literasi Di Daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) Indonesia. Academia, December.
Rachman, B. A., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., & Sadiyah, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. 5(6), 1535–1541.
Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.38035/jpkn.v1i1.111
Setyawati, D. (2013). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Model Pembelajaran Berbasis Keragaman Etnis di Palembang untuk Pemahaman Budaya Lokal Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. 23–32.
Situmorang, A. S., Sinaga, J. A., Siahaan, F. B., & Lumbantobing, S. M. (2023). Model Pencapaian Konsep Berbasis Microlearning Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa FKIP UHN Sebagai Wujud Kampus Merdeka. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(1). https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i1.2823








