Penilaian Instrumen Pelatihan TPA (Tes Potensi Akademik) Berbasis CAT (Computer Assisted Test) bagi Siswa SMA Taruna Kasuari Nusantara Manokwari
DOI:
https://doi.org/10.47178/ba987w67Keywords:
Academic Training, Computer Assisted Test, Government Affiliated Schools, Student EmpowermentAbstract
SMA Taruna Kasuari Nusantara Manokwari merupakan sekolah yang tergolong baru dan memiliki semangat tinggi dalam mendorong siswanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, termasuk ke sekolah kedinasan. Namun, masih terdapat kendala dalam kesiapan siswa menghadapi ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang menjadi metode seleksi utama dalam penerimaan sekolah kedinasan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menilai instrumen materi pelatihan potensi akademik dengan cara menentukan validitas dan reliabilitas instrument. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyusunan soal simulasi CAT, pelatihan penggunaan sistem CAT, serta evaluasi hasil tes. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap format dan strategi mengerjakan soal berbasis CAT, serta meningkatnya motivasi siswa untuk mengikuti seleksi sekolah kedinasan. Kegiatan ini disambut baik oleh pihak sekolah dan siswa, serta direkomendasikan untuk dijadikan program rutin sebagai bagian dari pembinaan prestasi akademik.
References
Anggitayani, N. P. D., Wijaya, K. A. S., & Prabawati, N. P. A. (2025). Implementasi Sistem Computer Assisted Test (CAT) Pada Penerimaan Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara Sebagai Inovasi Transparansi Dari Badan Kepegawaian Negara Regional X. Socio-Political Communication and Policy Review. https://doi.org/10.61292/shkr.222
Asdar, A., Angreani, A. V., Arsyad, S. N., Swandi, A., & Rahim, A. (2024). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Gold Standard Project Based Learning dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Guru di Pulau Sabangko, Pangkajene Kepulauan. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2309
Fansury, A. H., Rampeng, R., Batau, St. H., Moelier, D. D., & Asyrafunnisa, A. (2024). PELATIHAN AI WRITING TOOLS UNTUK MELATIH WRITING SKILLS BAGI SISWA SMP DI TORAJA UTARA. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 154–166. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2380
Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan digital di indonesia (studi kasus di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Pekommas, 17(2), 81–90.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Sekolah Kedinasan.
Kogaya, I., Suradinata, E., & Thahir, B. (2023). Analisis Data Sekunder Implementasi Kebijakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Pada Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Provinsi Papua. Jurnal Kajian Pemerintah: Journal of Government, Social and Politics, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.25299/jkp.2023.vol9(1).11963
Krispriana, A., Kumaladewi, N., & Rahajeng, E. (2016). Sistem Informasi Computer Assisted Test (CAT) Kementerian Agama Republik Indonesia. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 9(2), 203–211.
Rachel, R., Risaldi, R., Rahayu, S., & Fatmawati, R. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70–79.
Rasmiyana, Satika Dewi, P., Fahmi Brillyansyah, D., Ihsan Alfarizi, M., & Mualimin, L. (2024). Pengembangan Minat Studi Lanjut: Sosialisasi Strategi Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Simulasi Tryout Berbasis CAT (Computer Assisted Test). Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(2), 135–142. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i2.522
Wulandari, C., & Yogastara, E. (2021). Aplikasi Simulasi Tes CAT (Computer Assisted Test) Untuk Calon PNS/ASN Berbasis Web Mobile. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 6(2), 81–94.








