Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band Pada Peserta Didik SDN Labuang Baji II
DOI:
https://doi.org/10.47178/an9bs449Keywords:
Pembelajaran Ekstrakurikuler, Drum Band, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat ke pengembangan diri dan minat peserta didik. Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan dan menyalurkan minat serta keterampilan peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah, ditemukan bahwa di SDN Labuang Baji II telah memiliki fasilitas alat musik drum band dan menerapkan kegiatan ekstrakurikuler drum band namun belum ada orang yang mahir dan siap melatih para peserta didik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan kepribadian, kerjasama, dan kemandirian dari peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler drum band sehingga tercipta generasi unggul di bidang seni khususnya seni musik. Hasil pengabdian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Labuang Baji II Kota Makassar dapat menampilkan kegiatan ekstrakurikuler drum band di depan warga sekolah.
References
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Bakri, M., Muriati, S., Tenri Abeng, A., Irawani, A., Ariyani, I., & Ahmad, A. (2023). PROGRAM CALISTUNG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERVARIASI PADA PESERTA DIDIK DI SDN LABUANG BAJI II. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam, 3(2), 176–182. https://orcid.org/0000-0002-4857-4914
Gita Safitri, N. L., Mariana, I. M. A., & Kusuma, I. M. W. (2021). Membangun Karakter Melalui Ekstrakurikuler Drum Band Di SD Negeri 1 Legian. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37329/metta.v1i1.1306
Mahendra, S., & Suwahyono, A. (2021). Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi Di Smpn 2 Rogojampi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 244–260. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p244-260
Muriati, S., Syam, U., Molier, D. D., & Bakri, M. (2024). Optimalisasi Google Drive sebagai Basis Data di Era 5 . 0. 4(1), 37–42.
Nona, B. D., Muriati, S., & Bulang, S. (2024). Program Senam Irama Melalui Video Pembelajaran Pada Peserta didik Di Sdn Labuang Baji Ii. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50–55. https://doi.org/10.47178/qwp5y334
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud No 62 Tahun 2014.
Pratiwi, N., Jamaluddin, J., & Muriati, S. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODELDISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SPF SD INPRES PERUMNAS ANTANG II KOTA MAKASSAR. Embrio Pendidikan, 8(1), 50–59. https://doi.org/10.52208/embrio.v8i1.441
Putri, A. R., Fahira, A. L., Apriyani, S., & Khasanah, U. (2024). Observasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 45–49. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/article/view/1333
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Sugito, M. W. N., & Noordiana, N. (2021). Metode Pembelajaran Ekstrakurikuler Drumband Di Tk Lukmanul Hakim Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 109–119. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p109-119
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003, 1, 1–7.








