Lokakarya Komunitas Belajar bagi Sekolah Penggerak untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Suardi Suardi Politeknik Dewantara
  • Ika Triwati Politeknik Dewantara
  • Silvi Setiawati Politeknik Dewantara
  • Risda Mustakim Politeknik Dewantara

DOI:

https://doi.org/10.47178/qeq8xj02

Keywords:

Learning Community, Sekolah Penggerak

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dilakukan dalam bentuk Lokakarya untuk komite pembelajaran pada Sekolah Menegah Pertama sekolah penggerak.  Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui komunitas belajar bagi sekolah penggerak. Metode yang digunakan dalam PkM adalah alur MERRDEKA.  Pelatihan ini memberikan dampak yang positif terhadap komite pembelajaran dilihat dari kehadiran peserta 100% hadir dalam pengabdian dan setelah diberikan angket kepuasan terhadap materi sebanyak 80% menjawab memahami materi dengan baik dan 100% menjawab dapat mendesiminasikan materi komunitas belajar kepada teman sejawat di satuan pendidikan.

References

G. Francesca, D. M. Marco, C. Angelo & P. Giuseppina, (2010). Discovering the Hidden Dynamics of Learning Communities. Journal of Information Technology Case and Application Research, 12 (3), pp. 34-55.

Hord, S. M. (2004). Professional learning communities: An overview. In Learning together, leading together: Changing schools through professional learning communities (Shirley Hord, Ed.). New York: Teachers College Press, 5-14.

Kale, U., & Akcaoglu, M. (2020). Problem Solving and Teaching How to Solve Problems in Technology-Rich Contexts. Peabody Journal of Education, 95(2), 127-138.

Kemdikbudristek. (2022). Pengembangan Komunitas Belajar sebagai strategi meningkatkan Pemahaman Guru dan Kepala Sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Lee, D.H.L., Hong, H., Tay, W.Y., & Lee, W.O. (2014). Professional learning communities in Singapore Schools. Journal of Co-operative Studies, Special Issues, Transformative Power of Co-Operation in Education, 46(2): 53-56.

Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. 614–639.

Nadia, R. P., & Delliana, S. (2020). Peran Komunikasi antara Guru dan Murid dalam Membangun Minat Belajar di Komunitas Jendela Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(1), 83–94, ISSN 1978-4597. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.7019.

Nur Rakhmah, Diyan dkk,. 2023. Laporan Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tahun Pertama 2022. Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.

Tantomas, Aris U.P (2021). Peran Guru dalam Komunitas Belajar. Jurnal Ilmiah Pro Guru. 7(3). 316-365.

Triatna, C. (2015). Membangun komunitas belajar profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. 1.

Published

2024-06-15

How to Cite

Lokakarya Komunitas Belajar bagi Sekolah Penggerak untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. (2024). Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 56-64. https://doi.org/10.47178/qeq8xj02