Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Gold Standard Project Based Learning dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Guru di Pulau Sabangko, Pangkajene Kepulauan

Authors

  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • A.Vivit Angreani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Bosowa
  • Susalti Nur Arsyad Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bosowa
  • Ahmad Swandi Universitas Bosowa
  • Abdurrachman Rahim Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2309

Keywords:

Gold Standard Project Based Learning, Alat Peraga Pembelajaran, Media Pembelajaran Digital

Abstract

Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk: (i) memberikan pelatihan kepada guru di pulau Sabangko untuk mengembangkan dan menerapkan sebuah model pembelajaran terkini yang berbasis pada kerja mandiri, keaktifan siswa yang terbukti disenangi siswa dan jauh lebih menarik karna siswa mendapat kebebasan dalam belajar yaitu model Gold Standard Project Based Learning (GS-PjBL). Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk (ii) memberikan pelatihan kepada guru agar mampu menggunakan berbagai teknologi dalam pembelajaran seperti laptop dan LCD serta alat peraga pembelajaran lainnya yang selama ini tidak pernah dilakukan. PKM ini juga (iii) bertujuan untuk mengenalkan produk penelitian dosen berupa aplikasi pembelajaran seperti game edukasi dan animasi pembelajaran serta beberapa alat peraga pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang selama ini semakin menurun. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 9 guru SDN 41 Pulau Sabangko dan 25 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dan observasi ditemukan bahwa 7 guru telah mampu mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis GS-PjBL Hasil pengematan juga menunjukkan bahwa aktivitas guru dan sisiwa dalam mengikuti kegiatan yang menggunakan model GS-PjBL, alat peraga dan media pembelajaran digital berada pada kategori tinggi.

References

Arifa FN, Prayitno US. Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 2019;10(1):1-17.

Khodijah N. Profesionalisme Guru Dalam Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Jurnal Teknodik. 2012; 255-264.

Wicaksono V, Hidayat M. Analisis Penguasaan Guru terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah Dasar: Analysis of Teacher Mastery of Information and Communication Technology (ICT) in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Tematik DIKDAS. 2020; 5(1): 41-51.

Jannah DRN, Atmojo IRW. Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2022; 6(1): 1064-1074.

Asdar, Arsyad SN, Rahmadhanningsih S, Swandi A. Pengembangan Website Pembelajaran Menggunakan Model Gold Standard Project Based Learning Developing of a Learning Website Using the Gold Standard Project-Based Learning Model. 2022;4(1):32–9.

Swandi A, Asdar, Arsyad SN, et al. The Effectiveness of The Implementation of The Gold Standard Project Based Learning Model to Increase The Digital Literacy Index of Teachers. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning). 2023;8(1):57-63.

Larmer J, Mergendoller J, Boss S. Gold Standard PBL?: Essential project design elements. Buck Inst Educ [Internet]. 2015;1–4. Available from: https://www.pblworks.org/blog/gold-standard-pbl-essential-project-design-elements

Fansury AH, Agreani AV, Lutfin N. Web-based learning model using Hot Potatoes applications to increase language student achievement. PEOPLE: International Journal of Social Sciences. 2018;4(2):1546-1553.

Angreani AV. Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Menggunakan Audiovisual Pembelajaran Online Kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science. 2022;4(2):334-341.

Arsyad SN, Swandi A, Devi YN, et al. Uji Praktikalitas Pembelajaran Berbasis Gim Edukasi Menggunakan Gdevelop Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching And Science. 2022;4(3):785-794.

Swandi A, Arsyad SN, Fauzan A, et al. The Effectiveness Of Implementing Gdevelop-Based Educational Games In Learning Science With The Theme Of Light And Sound Waves In Elementary Schools. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2023;11(2):218-227dkfhd.

Published

2024-01-22

How to Cite

Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Gold Standard Project Based Learning dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Guru di Pulau Sabangko, Pangkajene Kepulauan. (2024). Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 115-124. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2309