Transkripsi Video Youtube Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kreativitas Berpikir Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Matematika

Authors

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

transkripsi, yooutube, motivasi, kreativitas berfikir, IMMS, TTCT

Abstract

Transkripsi dialog dari video dapat ditampilkan dalam bentuk teks untuk memudahkan pengguna memahami isi video itu sendiri, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran. Di dalam penelitian ini, mahasiswa membuat transkripsi video YouTube dengan tujuan meningkatkan motivasi dan kreativitas berpikir mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, yang mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris Matematika sebanyak 91 orang. Sampel penelitian sebanyak 27 orang, dipilih dari salah satu kelas dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah one-group pretest-posttest design, dengan perlakuan pemberian tugas proyek
pembuatan transkripsi video YouTube. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi adalah angket motivasi John Keller, yaitu angket IMMS (Instructional Materials Motivation Survey). Intrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas adalah Verbal and Figural Torrance Test for Creative Thinking (TTCT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa meningkat dari 2,979 menjadi 3,232 dan kreativitas berpikir mahasiswa meningkat dari 86,667 menjadi 98,333. Uji homogenitas varians Levene menunjukkan nilai F sebesar 1,650 (dengan signifikansi 0,205) untuk variabel motivasi, dan 0,099 (dengan signifikansi 0,754) untuk variabel kreativitas berpikir. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa motivasi mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai thitungj-5; 560j dan signifikansi 0; 000 < 0; 05. Demikian juga kreativitas berpikir mahasiswa mengalami peningkatan
yang signifikan, dengan nilai thitung j - 7; 704j dan signifikansi 0; 000 < 0; 05.

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles