Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Semester IV UKI Toraja

Authors

  • Beatric Videlia Remme Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Yusem Ba'ru Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Analysis Kesalahan, Geometri, Newman's Error Analysis, Gaya Kognitif

Abstract

Matematika sebagai ilmu pengetahuan yang penting masih menyisakan PR bagi para pengajar matematika khususnya di perguruan tinggi. Hal ini disebabkan karena rendahnya kemampuan matematis mahasiswa khususnya dalam mata kuliah geometri. Diperlukan langkah-langkah kongkrit dalam memperbaiki kualitas pendidikan di perguruan tinggi khususnya untuk ranah kognitif. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu kesalahan apa yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri kemudian mencari tahu apa penyebab kesalahan tersebut. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah analisis kesalahan dengan prosedur NEA (Newman’s Error Analysis). Menurut Newman (Junaedi:127)
NEA merupakan kerangka kerja dengan prosedur diagnostik sederhana yang meliputi (1) decoding, (2) comprehension, (3) transformation, (4) process skill, (5) encoding. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang akan mendeskripsikan kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa dalam penyelesaian soal geometri serta apa yang menyebabkannya dihubungkan dengan gaya kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan Jenis kesalahan yang dilakukan berdasarkan prosedur newman ditinjau dari gaya kognitif adalah tipe field dependent (FD) melekukan kesalahan comprehension, transformation, process skill, dan encoding. Sedangkan mahasiswa dengan tipe field independent (FI) melakukan kesalahan transformation, process skill, dan encoding.

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles