Pengaruh Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bagi Anak di PAUD Tou Balo’ Kec. Bittuang Kab. Tana Toraja

Authors

  • Mersilina L. Patintingan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Harmelia Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Susanna Vonny Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Bahasa Ibu, Pemahaman Konsep Anak

Abstract

Ilmu Pengetahuan apapun akan lebih cepat dimengerti siswa, jika disampaikan dalam bahasa mereka sendiri, demikian penuturan Abhisit Vejjajiva dalam Lolonlun 2011. Hal inilah yang menjadi faktor terpenting dalam pembelajaran, dimana siswa dibawa pada pengetahuan yang mereka sudah kenal sebelumnya. Bahasa Ibu adalah bahasa yang sehari-hari mereka gunakan Dalam bahasa ibu berisi kepercayaan diri, rasa memiliki yang mendorong kita untuk terlibat dan mengambil peran dengan kuat. Ibarat seorang ibu yang mendidik anak-anaknya, ia tulus, ikhlas dan jujur ketika mengungkapkan perasaan untuk dapat diketahui anaknya. Disitu juga terkandung keinginan, cita-cita, motivasi yang kuat untuk membawa anaknya ke pintu gerbang kedewasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai peranan bahasa ibu dalam meningkatkan pemahamannya terhadap suatu konsep materi pelajaran. Upaya pencapaian tujuan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui Metode Pre eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretes-postes tanpa acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B PAUD Tuo Balo’ Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan nontes; instrumen tes berupa tes pemahaman konsep mengenai isi dongeng lokal berbahasa Toraja, sedangkan nontesnya berupa sikap, usaha dan aktivitas yang terjadi selama berlangsungnya pembelajaran maupun saat kegiatan menceritakan kembali dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara.

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles