Desain Materi Ajar Peningkatan Kompetensi Komunikasi Bahasa Inggris Bagi Pelaku Industri Pariwisata Untuk Meningkatkan Volume Kunjungan Wisatawan di Indonesia
Keywords:
Desain materi Bahasa Inggris, kemampuan komunikasi, pelaku industri pariwisata.Abstract
Pariwisata merupakan sektor andalan penghasil devisa sejumlah negara, baik negara yang sudah maju maupun negera yang sedang berkembang termasuk Indonesia. Berdasarkan data kunjungan wisatawan yang berwisata ke Indonesia tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun, disisi lain daya tarik budaya dan alam Indonesia tidak kalah dibandingkan dengan budaya dan alam yang
dimiliki oleh negara-negara lain di dunia. Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dengan tujuan berbeda-beda, mereka tentunya membutuhkan informasi atas apa yang dikunjungi, tentunya pelaku industryi wisata di Indonesia akan menjadi dan berpesan sebagai garda terdepan untuk mengatakan informasi yang dibutuhkan wisatawan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan model peningkatan kemampuan komunikasi bahasa Inggris bagi para pelaku industry wisata Indonesia untuk meningkatkan volume kunjungan wisata ke Indonesia akan dicapai pada akhir penelitian (tahun 2020) dan tujuan khusus adalah (1) menghasikan prototipe kebutuhan belajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Penelitian ini akan menggunakan metode R n D yaitu ADDIE approach (Analyze {Desain-Develop-Implement-Evaluate) oleh Maribe 2010 dan didesain oleh Pongsapan 2016