PENERAPAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.47178/0n8c8z63Keywords:
Penerapan, Gaya Belajar, Visual, AuditoriAbstract
Artikel ini membahas penerapan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 17 Makassar, dengan fokus pada strategi pembelajaran yang sesuai dengan berbagai gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi gaya belajar ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan mengadaptasi metode pengajaran yang sesuai dengan preferensi belajar individu—seperti penggunaan visual aids untuk gaya belajar visual, diskusi dan audio untuk gaya belajar auditori, serta aktivitas praktis untuk gaya belajar kinestetik—diharapkan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menarik. Studi ini mengkaji berbagai teknik dan strategi yang diterapkan di SMAN 17 Makassar, serta dampaknya terhadap keterlibatan dan pencapaian akademik siswa. Temuan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berbasis gaya belajar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan personal.
Downloads
References
Cahya Ritonga, N. (2021). Analisis Gaya Belajar VAK Pada Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Analisa. 7(1) 76-86. Diakses dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/11878. Diakses pada 24 November 2021
Dryden, G. dan Jeannette. (2002). Revolusi Cara Belajar bagian II. Bandung:Kaifa
Ula, S. (2013). Revolusi Belajar. Yogyakarta:AR-Ruzz Media
Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung:Alfabeta
Thobroni, M. dan Mustafa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Porter, Bobbi De, dkk. (). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung:Kaifa
Yunsirno. (2012). Keajaiban Belajar. Pontianak:Jenius Publisihing
Gunawan, A. W. (2004). Born to be a Genius. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Umum
Porter, B. D. dan Hernacki, Mike. (2009). Quantum Learning:Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung:Kaifa
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:CV. Sinar Baru
Purwanto, N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya
Sadirman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press
Susilo, J. (2009). Sukses dengan Gaya Belajar. Yogyakarta:Pinus Book Publisher
Asri Budiningsih, C. (2011). Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran.Jurnal Cakrawala Pendidikan. 1(1) (2011). Diakses dari https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0 %2C5&q=. Diakses pada 25 November 2021
Denzin dan Lincoln, (dalam Moelong, 2005:5). (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Dwi Widayanti, F. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. ERUDIO. 2(1) 2013. Diakses dari https://www.erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/228. Diakses pada 25 November 2021
Eka Putri, F.(2019).Hubungan antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2) (2019). Diakses dari http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/406/297. Diakses pada 25 November 2021.
Hamalih, O.H.(2001).Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Irwin, Andriyanto. 2020. Oktober-19. Pengertian Data dan Jenis-jenisnya. Data science. Diakses dari https://www.course-net.com/pengertian-data-dan-jenis-jenisnya/. Diakses pada 25 November 2021
Ludji Bire, A. (2014). Pengaruh Gaya Belajar VAK Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. 44(2) 168-174. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/5307. Diakses pada 24 November 2021
Mustari, M. (2012). Pengantar Metode Penelitian.Yogyakarta:Laksbang PRESSindo
Nasution, S. (2006). Penelitian Ilmiah (edisi 1, cetakan 8). Jakarta:Bumi Aksara
Olpita Sari, L.(2020).”Gaya Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD Negeri 113 Bengkulu Selatan”. Diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/eprint/4313. Diakses pada 25 November 2021
Qurrota, A’yun. (2018). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 (IAIN Tulungagung tahun 2018)”. Di akses dari repo.iain-tulumgagung.ac.id/10462/5/BAB%20II%20.pdf. Di akses pada 24 Januari 2022
Sarwono (dalam Adhi Kusuma 2019:32).(2019).Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:Grasindo. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/40372/1/ Metode%20 Penelitian%20Kualitatif.pdf. Diakses pada 01 Desember 2021
Silalahi (dalam Kusuma, Adhi 2019:29).(2019).Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:Grasindo. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/40372/1/ Metode%20 Penelitian%20Kualitatif.pdf. Diakses pada 27 November 2021
Sugiyono (dalam Nuning Indah, 2017:213). (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Ilmiah Dinamika Sosial. Vol 1, No 2. Diakses dari https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/ download/219/179. Diakses pada 01 Desember 2021
Sujarweni (dalam Derma, 2020:158). (2020). Pengaruh Kualitas Produk Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Situs E-Commerce Bukalapak. Ilmiah Kohesi. Vol 4 No 3. Diakses dari https://kohesi.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/download/166/172. Diakses pada 01 Desember 2021
Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Tehadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(3) 257-265. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/ view/16140. Diakses pada 24 November 2021
Umrati, Hengki Wijaya.(2020).Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan.Makassar:Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Diakses dari https://book.google.co.id/books?id. Diakses pada 28 November 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.