Implementasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Enrekang Selama Pandemi COVID-19

Authors

  • Muharram Muharram SMPN 1 Enrekang
  • Nita Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.47178/hhnqzd10

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP 1 Enrekang selama pandemi COVID-19. Pandemi global yang dimulai pada awal tahun 2020 memaksa banyak institusi pendidikan untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring sebagai alternatif dari sistem tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data dari siswa, guru, dan pihak sekolah di SMP 1 Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring di SMP 1 Enrekang menghadapi berbagai tantangan dan peluang. Tantangan utama yang dihadapi termasuk keterbatasan akses teknologi, konektivitas internet yang tidak stabil, dan kurangnya pengalaman dalam menggunakan platform daring. Di sisi lain, strategi pembelajaran daring yang diterapkan mencakup penggunaan platform pembelajaran seperti Google Classroom dan Zoom, serta pembagian materi melalui aplikasi pesan instan. Guru dan siswa menunjukkan adanya penyesuaian dalam metode pengajaran dan pembelajaran untuk mengakomodasi situasi baru ini.Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa meskipun ada kendala teknis dan adaptasi yang diperlukan, pembelajaran daring memberikan kesempatan untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih fleksibel dan personal. Guru di SMP 1 Enrekang berusaha untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa melalui berbagai media digital dan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan infrastruktur teknologi dan pelatihan bagi pendidik untuk lebih mendukung implementasi pembelajaran daring yang efektif di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. L. P. E., & Suandi, I. N. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Singaraja Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 84-93.

Pratiwi, A. S., & Harimurti, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Siswa SMP di Era Pandemi: Studi Kasus di SMPN 1 Surabaya. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 17(1), 45-58.

Nugroho, A., & Wulandari, D. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 112-125.

Syamsuddin, A., & Asri, W. K. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMP di Kabupaten Gowa Selama Pandemi COVID- 19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 14(1), 67-80.

Wijaya, H., & Sari, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dalam Konteks Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 201-215.

Sutopo, D., & Cahyani, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia: Studi pada Siswa SMP di Kota Malang Selama Masa Pandemi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 156-170.

Amir, L. R., & Sari, E. N. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Makassar: Tantangan dan Peluang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(4), 789-800.

Kurniawan, D., & Hermawan, B. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Bandung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 45-57.

Purnomo, H., & Widodo, S. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMPN 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 178-191.

Sudiarta, I. G. P., & Saddhono, K. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Survei pada Siswa SMP di Kota Denpasar Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(3), 312-325.

Downloads

Published

2024-06-25