PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELURAHAN LION TONDOK IRING KECAMATAN MAKALE UTARA KABUPATEN TANA TORAJA

Authors

  • Sunarti Paseru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Dina Gasong Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Elisabet Mangera Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/mataallo.v2i2.1869

Keywords:

Perkembangan Bahasa, Anak Usia 3-4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 tahun yang terdapat di kalangan Lion Tondok Iring. Manfaat dalam penelitian ini (1) Memberikan pengetahuan bagi orang tua tentang penyebab pada anak yang belum lancar berbicara. (2) Dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis megenai perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. (3) Untuk dijadikan bahan bacaan atau referensi bagi mahasiswa yang berkecimpung di bidang tata bahasa khususnya mengkaji tentang perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun.  Penelitian ini berjenis kualitatif. Data dikumpulkan dengan (1) teknik observasi, metode yang digunakan dalam penyediaan data dengan cara penelitian melakukan penyimak atau observasi penggunaan bahasa; (2) teknik rekam, yaitu yaitu tujuan peneliti menggunakan alat perekam untuk merekam kesimpulan tuturan dialog guru dan siswa saat melakukan interaksi belajar mengajar dan teknik bersifata kegiatan penyediaan data dengan teknik catat; (3) Teknik catat adalah teknik lanjutan yang dilakukan ketika melakukan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu mencatat data yang dapat diperoleh dari informan pada kartu data.Hasil peneliti menunjukkan bahwa Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 tahun yang terdapat di kalangan Lion Tondok Iring yaitu Bahasa anak usia 3-4 tahun di Lion Tondok Iring dalam memproduksi kata belum sempurna, dan menghilangkan huruf h, j, k, l, m, n, r, s, t.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Sholeh, 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akhii, L., Rahayu, N., & Wulandari, C. (n.d.). CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PERCAKAPAN DI LINGKUP PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU. 1, 45–55.

Bahri Djamarah,2008. Psikologi Belajar. Bandung: PT Rineka Cipta.

Danim dan Khairil, 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Husein Umar,2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kustriyono, E., & Rochmat, M. C. (2013). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PERCAKAPAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEKALONGAN. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

Mahsum, 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mar’at, 2005. Psikolinguistik suatu pengantar. Bandung: PT Refika Adimata.

Moleong, 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Moleong, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Pratama, M. P., Rini, S., & Ervianti. (2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER ’ S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 01(02), 138–144.

Samsunuwiyati Mar’at,2015. Psikoliguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suminar, R. P. (2016). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati. Jurnal Logika, XVIII(3), 1–23.

Syamsu dan Yusuf,2014. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Alfabeta

Candrasari,Liring Ayu 2014. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 tahun di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Diakses dari eprints.ums.ac.id. dari 12 november 2019

Downloads

Published

2020-09-02