KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KALIMAT TANYA
DOI:
https://doi.org/10.47178/mataallo.v1i2.1326Keywords:
kemampuan, siswa, kalimat tanyaAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sesean memahami kalimat tanya bahasa Indonesia, dan (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sesean memahami kalimat tanya bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini berjumlah 74 siswa dengan teknik random sampling sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Pengukuran variabel adalah jika 80% atau 30 siswa sampel yang memperoleh nilai 7,5-10,0 maka siswa dianggap mampu memahami kalimat tanya bahasa Indonesia. Sebaliknya jika kurang dari 80% atau 30 siswa sampel maka siswa dianggap belum mampu memahami kalimat tanya bahasa Indonesia.Berdasarkan hasil tes penelitian menunjukkan bahwa hanya 56,8% siswa sampel atau ada 21 siswa yang memperoleh nilai 7,5-10,0. Seingga disimpulkan bahwa Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sesean dianggap belum mampu memahami kalimat tanya bahasa Indonesia.