DAYA JUANG MASYARAKAT DALAM BERJUALAN CENDERA MATA
DOI:
https://doi.org/10.47178/mataallo.v1i1.1252Keywords:
daya juang, keluarga, cendera mataAbstract
Toraja sebagai destinasi pariwisata telah meningkatkan ekonomi masyarakat Toraja. Tulisan ini mengangkat topik kemampuan daya juang masyarakat di lokasi wisata Ke’te’ Kesu’ mempertahankan kehidupan keluarga melalui berjualan cindera mata. Pariwisata ditujukan untuk penghapusan kemiskinan, pembangunan berkesinambungan, dan pelestarian budaya. Hal ini, ditindaklanjuti oleh masyarakat di sekitar objek wisata Ke’te’ Kesu’ untuk menyejahterakan keluarga melalui berjualan cindera mata, yang harus mengalami pasang surut keuntungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif–kualitatif, karena berkaitan dengan daya juang yang menggunakan data-data dari informan. Hasil penelitian ini adalah para pedagang di lokasi Wisata Ke’te’ Kesu’ memiliki daya juang yang tinggi untuk meningkatkan ekonomi yang dapat dikategorikan tipe climbers.