PENERAPAN STRATEGI SQ3R DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.47178/mataallo.v1i1.1251Keywords:
strategi, SQ3R, membaca, pemahaman, mahasiswaAbstract
Mahasiswa era milenial kurang berminat membaca secara konvensional (buku) karena telah dipengaruhi oleh perkembangan IT. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa melalui strategi SQ3R. Pemecahan masalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2017 sebanyak 32 orang yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif dalam semester ganjil tahun akademik 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dan dianalisis menggunakan teknik analisi deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi SQ3R sangat efektif dalam meningkatkan membaca pemahaman mahasiswa terhadap teks bacaan. Beberapa faktor yang memengaruhi antara lain karakteristik mahasiswa (pembaca), karakteristik teks bacaan, dan lingkungan.