PENERAPAN STRATEGI SQ3R DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA

Authors

  • Milka M.Pd Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Yakub Tangibiri Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/mataallo.v1i1.1251

Keywords:

strategi, SQ3R, membaca, pemahaman, mahasiswa

Abstract

Mahasiswa era milenial kurang berminat membaca secara konvensional (buku) karena telah dipengaruhi oleh perkembangan IT. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa melalui strategi SQ3R. Pemecahan masalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2017 sebanyak 32 orang yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif dalam semester ganjil tahun akademik 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dan dianalisis menggunakan teknik analisi deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi SQ3R sangat efektif dalam meningkatkan membaca pemahaman mahasiswa terhadap teks bacaan. Beberapa faktor yang memengaruhi antara lain karakteristik mahasiswa (pembaca), karakteristik teks bacaan, dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-05