Penerapan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
Keywords:
Quantum Learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan pendekatan Quantum Learning. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sesean. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah peserta didik 91 orang, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII.1 berjumlah 30 peserta didik yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu pre-test sebelum pembelajaran dan post-test setelah pembelajaran melalui penerapan pendekatan Quantum Learning. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan statistic deskriptif berupa skor rata-rata, frekuensi, dan persentase. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang berada pada kategori sedang (N-Gain 0,5). Hal ini telihat dari hasil sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata sebesar 31 dan setelah diajarkan melalui pendekatan Quantum Learning, diperoleh rata-rata sebesar 69.
References
Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(2), 124. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41
Buacani, B. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar dan Segi Banyak Melalui Pendekatan Quantum Learning Di Kelas VI SDN Inpres 5 Birobuli. 4, 12
DePorter, B., & Hernacki, M. (1999). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa..
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2000). Quantum teaching: Memperaktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa
Fatimah, A., Rahman, U., & Prasasti, A. I. (2018). Memahami Konsep Matematika dengan Quantum Learning dan Quantum Teaching. PUSAKA, 6(2), 211–218. https://doi.org/10.31969/pusaka.v6i2.58
Hanafy, M. S. (2017). Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kabupaten Gowa. 2, 16.
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Efektifitas Mathmagic dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. 8.
Langi, E. L., & Palayukan, H. (2024). Proses Berpikir Tahap Aksi dan Tahap Proses dalam Membangun Pemahaman Integral Mahasiswa Calon Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1925-1934.
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Musfiqon, H., & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center.
Nugraha, N. W., Romdanih, & Rahim. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Quantum Learning. 8.
Palayukan, H., Widoyo, H., Sappaile, B. I., Santosa, T. A., & Rahmah, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-Analisis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1352-1361.
Palayukan, H., Rahmi, S., Murniasih, T. R., & Panglipur, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 9(2), 204-215.
Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.
Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(4), 353-362.
Rahman, A. A. (2018). Strategi belajar mengajar matematika. Syiah Kuala University Press.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). Impelentasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 111-117.
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Si’sa, U., Rubianus, R., Lembang, S. T., & Palayukan, H. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP. Journal of Mathematical Educationtional Research (JoMER), 1(2), 65-69.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Alfabeta.
Sultan, L., & Hajerina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Mts. Alkhairaat Biromaru pada Materi Aritmatika Sosial. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 7–20. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.40
Susilawati, N., Silviana, D., & Mutmainnah, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA), 2(1), 36–43. https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.123
Suwarma, D. M., Palayukan, H., & Rahmayani, S. (2024). Analisis Perkembangan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Perspektif Studi Longitudinal. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3585-3597.
Wahab, A., Junaedi, & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845