Kesalahan Siswa SMP Rama Tallung Penanian Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmaktika Sosial
Keywords:
Kesalahan, Klasifikasi Kastolan, Soal cerita Aritmatika sosialAbstract
Peneilitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas VII SMP Rama Tallung Penanian yang berjumlah 35 siswa, kemudian dipilih secara acak 6 siswa yang melakukan kesalahan berdasarkan klasifikassi Kastolan untuk dijadikan sebagai subjek wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kesalahan yang dilakukan siswa SMP Rama Tallung Penanian kelas VII dalam menyelesaiakan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan klasifikasi Kastolan yaitu kesalahan konseptual, dimana subjek salah dalam menggunakan rumus pada soal nomor 3 yang digunakan adalah rumus persentase diskon sedangkan pada soal yang ditanyakan adalah rumus persentase untung dan juga terjadi pada soal nomor 1 dimana subjek tidak menuliskan rumus dalam menyelesaikan soal tersebut. Kesalahan prosedural, dimana subjek salah dalam menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada saat menyelesaikan soal. Dan kesalahan teknik dimana subjek tidak tahu melakukan operasi perhitungan pembagian.
References
Ayuwirdayana, C. (2019). ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 4 Banda Aceh’. (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson’. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 365-372.
Defiana, A., Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2022). ‘Studi Analisis: Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Kuadrat’. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 463-478.
Gunawan, Ansyori. (2016). ‘Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu’. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PGSD FKIP Universitas Bengkulu.
Herman. (2006). ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA Negeri @ Makassar Dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan Kuadrat dan Ketidaksamaan Kuadrat’. Skripsi. Makassar: UNM.
Imam A, Kholidazia Wilatikta. (2018). ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman’. Skripsi, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Khanifah, Naeli Muslimatul dan Toto. (2012). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Jurnal online Universitas Negeri Malang.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). ‘Penelitian Pendidikan Matematika’. Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong, Lexy J. (2004). ‘Metodelogi Penelitian Kualitatif’. (Edisi Revisi), Bandung: Remaja Ronda karya.
Monica, S. (2020). Analisis Kesalahan menrut tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII (Doctoral Dissertation).
Musyayyidah, M. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Kastolan Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Luwu (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo).
Palayukan, H., Panglipur, I. R., & Palengka, I. (2024). ANALISIS HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN LITERASI DIGITAL RISET MAHASISWA. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(2), 337-346.
Palayukan, H., Widoyo, H., Sappaile, B. I., Santosa, T. A., & Rahmah, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-Analisis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1352-1361.
Paramitha, N., & Yunianta, T. (2017). ‘Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi’. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 1(10), 983–994.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.
Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(4), 353-362.
Rosmawati, L. (2019). ‘Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Kelas X Ma Al-Intishor Ditinjau Dari Gaya Belajar’.
Samata, G., & Indah, N. (2021). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK Dan FPB Menurut Kastolan Di Kelas VII SMP.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). Impelentasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 111-117.
Silmina, A. A. (2019). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP/Mts Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam negeri Ar-Raniry Darussalam.
Wahyuddin, W. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148-160.
Yan, Bistari, & Hamdani. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Serta Volume Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol.2 No 9