Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP

Authors

  • Tiara Ayu Puspita Sari Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Unri Si’sa’ UPT SMAN 3 Toraja Utara
  • Rubianus Rubianus Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Suri Toding Lembang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Keterlaksanaan, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Problem based learning (PBL) adalah suatu strategi dalam mengajar yang didasarkan pada permasalahan sesuai dengan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.  Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan”bagaimana keterlaksanaan penerapan model problem based learning berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika siswa Kelas IX SMP Pelita Harapan Rantepao?” untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu menjawab sub variable yaitu: (1) keterlaksanaan pembelajaran, (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model problem based learning berbasis etnomatematika. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Pelita Harapan Rantepao yang terdaftar dan aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar pada tahun ajaran 2022 yang berjumlah 10 orang siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, 2) tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Analisis digunakan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbasis etnomatematika tergolong dalam kategori terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,0, 2)penerapan model problem based learning berbasis etnomatematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

References

Abdul Halim Fathani (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Arends, Richard I. (2013). Belajar untuk Mengajar. Jakarta. Diakses (23 april 2022)

Arifin, 2017. Pengertian dan Defenisi Matematika, (online)

Arismawati, Umi. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta. Yogyakarta. J. Pendidikan Matematika. 6(9): 16

diakses (23 April 2022)

Hajriana. (2010). Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).

Haryanto, D., Santosa, T. A., Langi, E. L., Palayukan, H., & Agustina, I. (2023). Meta Analysis Study: The Effect of Mind Mapping on Students' Multiple Intelligence. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1598-1608.

Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396-403.

Langi, E. L., Tahmir, S., & Rahman, A. (2016). Efektivitas penerapan model kooperattif tipe talking stick dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao. Jurnal Daya Matematis, 4 (1), 65-71.

Laurens, Theresia. (2016). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Lemma, 3(1).

Muniroh, Alimul. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Di Madrasah. Yogyakarta: Lkis Pelangi Angkasa

Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.

Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Hima, L. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Kubus dan Balok. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 879-884.

Palayukan, H., & Lasarus, M. (2023). Eksplorasi Konsep Matematika pada Ornamen Tulak Somba di Rumah Adat (Tongkonan) Toraja. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(2), 194-206.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.

Richardo, Rino. (2016). Peran Etnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata. Literasi VII (2).

Richardo, Rino. (2016). Peran Etnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata. Literasi VII (2).

Sampelolo, R., Lestari, D. H. E., Pahmi, Z., & Pratama, M. P. P. P. (2024). Analysis of User Experience in E-learning Implementation in Higher Education: A Case Study on Students UKI Toraja. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 16-24.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Dan Rnd. Bandung: Alfabeta

Taufiq, M. (2013). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2024-11-28