Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Keywords:
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kesalahan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan keterampiln(skill) pada soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dengan metode tes dan wawancara. Hasil yang didapatkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan. Kesalahan dalam memecahkan masalah tiga tahapan yaitu: (1) kesalahan dalam menuliskan kembali apa saja yang diketahui dalam soal, (2) tidak mampu mengubah soal cerita kedalam bentuk model matematika, (3) tidak mampu menyelesaikan soal menggunakan operasi hitung dengan tepat. Adapun penyebabnya adalah siswa tidak cermat dalam membaca soal, siswa tidak teliti dalam mengerjakan, dan siswa tergesa-gesa dalam mengerjakan
References
Aang Imam. (2015). Pengertian Konsep, Pengertian Prinsip dan Pengertian Keterampilan
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Kesalahan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Aji.2005. Matematika Kelas VIII untuk SMP dan MTs.Klaten: Intan Pariwara.
Budiyono. (2008).Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paldagogla 1-8.
Farida, N. (2015).Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika, Metro: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP.
Hartati, D. (2017).Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Materi SPLDV Siswa SMP Negeri 1 Sanggalagi’. Skripsi UKI Toraja
Hudojo,H. (2003) .Perkembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Langi, E. L., Tahmir, S., & Rahman, A. (2016). Efektivitas penerapan model kooperattif tipe talking stick dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao. Jurnal Daya Matematis, 4 (1), 65-71.
Langi, E. L., Ba’ru, Y., & Paluta, E. T. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’Satap. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 51-57.
Lembang, S. T., Palayukan, H., & Kadua, N. L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 149-159.
Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.
Palayukan, H. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berdasarkan kriteria Watson di kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47-60.
Palayukan, H., & Ledon, M. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) UNTUK SISWA SMA. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2, 175-184.
Palayukan, H. (2023). PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Aljabar 1, 41.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.
Remme, B. V., & Palengka, I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sangalla Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penjumlahan Bilangan Pecahan. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 57-65.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.