Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara

Penulis

  • Semuel Mawa' Ratu Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##
  • Topanus Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v6i3.301

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Lingkungan Pasar

Abstrak

Penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa yang tinggal di daerah lingkungan pasar pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa tes gaya belajar dan pedoman wawancara. Analisis data mengacu pada tahapan analisis menurut Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penerikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 2 siswa dengan gaya belajar divergen, 4 siswa dengan gaya belajar asimilatif, 2 siswa bergaya belajar konvergen, dan 1 siswa dengan gaya belajar akomodatif. Hal ini menggambarkan bahwa cenderung anak yang tinggal di daerah lingkungan pasar lebih banyak menggunakan gaya belajar asimilatif dibanding gaya belajar yang lain.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2018-09-22

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara”, Jurnal KIP, vol. 6, no. 3, pp. 233–237, Sep. 2018, doi: 10.47178/jkip.v6i3.301.

Artikel Serupa

11-20 dari 104

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.