Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Organ Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Vonny Suzanna Noviana Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v1i1.140

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Masalah, penguasaan konsep, berpikir kritis

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen pada salah satu SD di Kota Makale
Kabupaten Tana Toraja. Materi IPA yang dibahas adalah tentang organ tubuh manusia. Sebagai
sampel, untuk eksperimen dipilih satu kelas VA,sebagai pembandingnya (kontrol) digunakan kelas konvensional yang juga diberikan kepada satu kelas VB pada SD yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pokok bahasan organ tubuh pada manusia secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa dibanding dengan penggunaaan model pembelajaran konvensional. Guru dan sebagian siswa menanggapi secara positif penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA disekolah. Mereka merasa senang dan termotivasi untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, mereka juga merasa pemahaman konsep dan keterampilan proses dapat difasilitasi, dan sebagian besar diantara mereka menginginkan penggunaan model pembelajaran ini pada materi IPA yang lain.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2012-11-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Organ Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal KIP, vol. 1, no. 1, pp. 24–31, Nov. 2012, doi: 10.47178/jkip.v1i1.140.

Artikel Serupa

91-100 dari 100

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.