Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa Menggunakan Model Market Place Activity Pada pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV SDN 6 Sesean Kabupaten Toraja Utara

Penulis

  • Adinda Situru' Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.1177

Kata Kunci:

market place activity, motivasi belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian tindakan
kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Market place activity dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan
kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran serta hanya menggunakan metode
cerama. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mennunakan
model Market place activity. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
meningkatkan motivasi belajar Tema 6 Cita-citaku melalui model pembelajaran Market
place activity pada siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui
penerapan model Market place activity motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 6 Sesean
Kabupeten Toraja Utara meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
Market place activity dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 6 Sesean
dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan.
Nilai presentasi klasikal angket motivasi siswa pada siklus I berada pada angka 30,76% dan
pada siklus II mencapai angka 61,53%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-04-04

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa Menggunakan Model Market Place Activity Pada pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV SDN 6 Sesean Kabupaten Toraja Utara”, Jurnal KIP, vol. 5, no. 1, pp. 75–89, Apr. 2021, doi: 10.47178/jkip.v5i1.1177.

Artikel Serupa

51-60 dari 140

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.