Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Benyamin Salu Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.156

Keywords:

strategi penemuan terbimbing, hasil belajar

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA  terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian adalah desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA 38 siswa dan IVB 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi pada strategi penemuan terbimbing dibanding strategi konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 1, pp. 98–104, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i1.156.

Similar Articles

91-100 of 157

You may also start an advanced similarity search for this article.