Indeks Keputusan Masyarakat Terhadap Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v4i1.709Keywords:
Indeks Kepuasan Masyarakat, Tana Toraja, indikator kemakmuranAbstract
Aparatur pemerintah di Kabupaten Tana Toraja sebagai agen pembangunan sangat diharapkan oleh masyarakatnya untuk mengemban tugas-tugasnya demi menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali sejumlah informasi balikan dari masyarakat, dengan berbagai indikator. Pada kegiatan ini difokuskan pada empat Dinas Pelayanan yang banyak berhubungan dengan pelayanan publik, dan satu Badan. Kelima instansi yang dimaksud adalah Dinas Kependudukan, Dinas Perhubungan, Dinas Pemukiman dan Tata Ruang. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Badan Pengelola Keuangan Daerah. Model perampungan informasi dilakukan melalui kuesioner (angket) dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang dipandang layak dijadikan sebagai indikator untuk mengukur indeks kepuasaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat tentang pelayanan yang dilakukan oleh lima instansi pemerintah secara rata-rata masih kurang, meskipun ada dua instansi yang menunjukkan mutu pelayanannya B dengan kinerja pelayanan sudah baik. Penilaian responden terhadap pelayanan pemerintah, khususnya pada lima instansi yang dijadikan objek pengukuran masih rendah, hal ini ditunjukkan oleh ekspresi mereka pada jawaan yang diberikan, rata-rata memberi jawaban (memilih kategori jawaban) yang diberi bobot nilai yang lebih rendah. Pembobotan setiap indikator didasarkan pada tingkat pelayanan yang diberikan oleh setiap lembaga yang diukur. Artinya jika tingkat pelayanan yang diterima masyarakat baik atau sangat baik, maka bobot diberikan tinggi.