PENGARUH DAYA INGAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 1 TAGARI RANTEPAO
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v2i2.389Keywords:
Daya Ingat, Kebiasaan Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang daya ingat, kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII. Untuk mengetahui pengaruh daya ingat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Tagari Rantepao.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Tagari Rantepao, sedangkan jumlah sampel adalah 32 orang yang diambil secara sampel sistematis. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel daya ingat sebagai variabel X1, variable kebiasaan belajar sebagai variabel X2, dan variabel prestasi belajar matematika sebagai variabel Y.
Pengumpulan data untuk memperoleh skor dari masing-masing kelas dilakukan dengan memberikan tes yang berhubungan dengan daya ingat dan angket untuk mendapatkan data kebiasaan belajar, data prestasi belajar diperoleh dari nilai semester I tahun ajaran 2007/2008 Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif berupa skor rata-rata, standar deviasi, skor tertinggi, skor terendah, frekuensi, dan persentase dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear ganda.
Berdasarkan hasil analis dapat disimpulkan sebagai berikut: daya ingat dan kebiasaan belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Tagari Rantepao.