PEMBELAJARAN JARING-JARING BALOK MELALUI STRATEGI INQUIRY SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SD KELAS V

Authors

  • Zatman Payung Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/agro.v2i1.378

Keywords:

membangun kemampuan representasi matematika, pembelajaran jaring-jaring balok, Strategi Inquiry

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya kesulitan yang dialami siswa SDI Surya Buana Malang pada materi jaring-jaring balok berdasarkan hasil observasi awal. Kesulitan yang dimasudkan adalah: kesulitan membuat jaring-jaring balok dengan benda konkrit berupa alat peraga, kesulitan menggambar jaring-jaring balok. Kesulitan tersebut menunjukkan kemampuan representasi matematika siswa pada jaring-jaring balok masih kurang. Menurut Hudojo (2006:114) kemampuan representasi matematika adalah kemampuan mengungkapkan ide matematika yang ada di dalam mental yang dapat diwujudkan dalam bentuk gambar dan benda konkrit.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran jaring-jaring balok melalui strategi Inquiry sebagai upaya membangun kemampuan representasi matematika siswa. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Setelah siswa terlatih belajar dengan strategi Inquiry siswa lebih banyak melakukan aktivitas belajar, siswa merasa lebih senang dan antusias dalam belajar jaring-jaring balok. Hasil belajar siswa yakni representasi siswa untuk jaring-jaring balok juga dapat memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 93,3% siswa telah memperoleh skor 65 atau lebih. Dari hasil tes belajar dan wawancara juga diketahui bahwa dapat membangun kemampuan representasi matematika siswa SD kelas V pada jaring-jaring balok.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk menerapkan strategi Inquiry dalam belajar agar lebih aktif dan kreatif mendesain bahan ajar berupa LKS dan membuat alat peraga yang memungkinkan siswa lebih banyak melakukan kegiatan Inquiry dalam belajar. Pengaturan jumlah siswa dalam satu kelas hendaknya tidak terlalu besar atau tidak melebihi 20 siswa agar kegiatan Inquiry dalam belajar dapat berjalan dengan efektif.

Published

2018-06-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMBELAJARAN JARING-JARING BALOK MELALUI STRATEGI INQUIRY SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SD KELAS V. (2018). AgroSainT, 2(1), 34-40. https://doi.org/10.47178/agro.v2i1.378