PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE (PROJECT, ACTIVITY, COOPERATIVE LEARNING, EXERCISE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SDN 2 MAKALE
DOI:
https://doi.org/10.47178/zdfh7q81Keywords:
Cooperative Learning, Exercise), Hasil Belajar, model PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) pada siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang bilangan pada kelas IV UPT SDN 2 Makale melalui model PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise). Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil tes hasil belajar matematika siswa siklus I didapati 40% atau 8 siswa berhasil mencapai target yang telah ditetapkan dan 60% atau 12 siswa yang belum mencapai target yang diharapkan. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 95% atau 19 siswa yang mencapai nilai diatas 80, sehingga dapat dikategorikan sebagai siswa yang berhasil atau tuntas. Sementara itu, 5% atau 1 siswa yang mendapatkan nilai dibawah 80. Selain itu, hasil observasi aktivitas mengajar guru dan obervasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sehingga penelitian melalui model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale.
References
Braun, V., & Clarke, V. (2019) “Reflecting on Reflexive Thematic Analysis” dalam jurnal Qualitative Research in Sport, Exercise and Health.
Carl Lee, “An Assesment of the Pace Strategy for an Introductory Statistics Course,” dalam ICITS 5, 1998, hal.1215
Dwiyani, S., Syaiful, S., & Haryanto, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1675-1686.
Dominikus, W. S., Udil, P. A., Blegur, I. K. S., & Halim, F. A. (2022). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru-Guru SDK St. Arnoudus Penfui dan SDN Angkasa Penfui. Kelimutu Journal of Commonoty Service, 2(2), 23-32
Derry Aryadi dan Deti Ahmatika, “Penerapan Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Peserta Didik SMA.” Dalam UJMES Vol. 3 No. 2 Juli 2018, hal. 93
Fauzy, M. C., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID19 di SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.
Fadlurreja, R., Dewi, N. R., & Ridlo, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 616–621.
Garak, S. S., & Samo, D. D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penyelesaian Soal-Soal Matematika Tingkat Tinggi bagi Guru SD di Kecamatan Flores Timur. Kelimutu Jurnal of Commonity Service, 1(1), 61-67.
Hasibuhan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18-30.
Hatti, J. (2020) Visible learning for teacher: Maximizing impact on learning (2nd ed.).Routledge.
Kembang, Lale Gadung. Perbandingan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar mata pelajaran SKI (studi pada siswa kelas VIII) MTs Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diss. Uin Mataram, 2020.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2019) “The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research”
Lantakay, Chindy Novelin, et al. "Hypothetical Learning Trajectory: Bagaimana Perannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar?." Griya Journal of Mathematics Education and Application 3.2 (2023): 384-393.
Nenohai, J. M., Udil, P. A., & Blegur, I. K. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang .bakti cendana:. Jurnal Pengabdian masyarakat, 5(1), 23-32.
Nisaul, Sa’adah. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Dan Self Renewal Capacity Melalui Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, And Exercise). Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2023.
Nurfadilah Siregar dan Nani Retnaningsih, “Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Geometri Melalui Model PACE Berbantuan Geogebra.” dalam Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 November 2019, hal. 131.
Novitasari, & Dian.(2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18.
Novia Ayu Lestari, “Implementasi Pembelajaran Matematika Model PACE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu,” dalam Jurnal Equation Vol. 1 No. 1, Maret 2018, hal. 87.
Raharjo, J. F. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Saintifik Model Pace pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1240
Suryana, A., & Wulandari, A. (2019). Analisis Implementasi Guided Discovery Learning Berbasis PACE pada Mata Kuliah Statistika Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 537-551.
Sari, R., Noor, N. A., & Permadi, A. (2020, December). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 227-233).
Sari, Ratna, Nur Alim Noor, and Adi Permadi. "Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. 2020.
Tulak, T., Langi, W. L., Hakpantria, & Rante, L. T. (2023, September). Identify student errors in solving story problems on fractions. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2736, No. 1, p. 150006). AIP Publishing LLC.
Utari, D. R., Wardana, M. Y., & Damayan, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Widyahastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183-193.