ANALISIS BUDAYA LONGKO’ DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI UPT SDN 9 SANGALLA’ UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/naaaa429Keywords:
Budaya Longko, Karakter, SiswaAbstract
Budaya Longko’ merupakan salah satu nilai kearifan lokal masyarakat Toraja yang menekankan pada sikap disiplin, tanggung jawab, serta penghormatan terhadap norma dan adat istiadat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan budaya Longko’ dalam pendidikan karakter siswa di UPT SDN 9 Sangalla’ Utara. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya Longko’ telah diintegrasikan dalam kegiatan sekolah, baik melalui pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, maupun interaksi sosial antara siswa dan guru. Implementasi budaya Longko’ berkontribusi dalam membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab, disiplin, serta memiliki sikap hormat terhadap sesama. Kendati demikian, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti pengaruh modernisasi dan kurangnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya lokal. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menjaga keberlanjutan budaya Longko’ dalam pendidikan karakter siswa.
References
Adhitya, R., & Noor, M. (2018). Analisis Tugas Pokok Dan Fungsi Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), 325–336.
Aisyah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Produk Untuk Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga , 7(3), 1-7.
Ansori. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi (H. F. Ningrum, Ed.). Penerbit Media Sains Indonesia.
Aziz, A., Rahman, H., Rahim, R., Lukito, H., & Syafrizal, S. (2023). Pengaruh Online Shopping terhadap Peningkatan Kinerja Green Marketing pada Kaum Milenial di Beberapa Kota Besar. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 1294-1309.
Hakpantria. Trivena. Patintingan, M. L., & Saputra, N. (2022). Budaya Longko As a Character Building of Student Speech. Lakhomi Journal Scientific Journal of Culture, 3(2), 84-88.
Guntara, D. 2016. Asuransi dan ketentuan-ketentuan hukum yang mengaturnya. Jurnal Justisi Ilmu Hukum Vol. 1(1): 29 – 46 ISSN 2528-2638.
Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi digitalisasi Pendidikan Sekolah. AT- TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 129-141.
Ledoh, C. C., Judijanto, L., Jumiono, A., Apriyanto, A., & Hakpantria, H. (2024). Revolusi Industri 5.0: Kesiapan Generasi-Z dalam Menghadapi Persaingan Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Majid, Dawud Abdul. (2020). KOMUNIKASI KRISIS MELALUI NEW MEDIA (Analisis Isi Tweet Akun Twitter @jokowi Sebagai Fungsi Komunikasi Krisis Selama Pandemi Covid-19 Periode 1 Maret-1 April & 1 Juni – 1 Juli 2020) Diakses dari: http://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal%20D0214028.pdf
Putri Rachmadyanti. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2): 201 – 214.
Tamaeka, V. (2022). Penanaman Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. 14(1), 14–22.
Undang-Undang Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.