PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.47178/ajsc0j59Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, kearifan lokal, pendidikan karakter, sekolah dasar, P5Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal merupakan strategi untuk memperkuat pendidikan karakter di sekolah dasar dengan memanfaatkan nilai-nilai lokal yang sesuai dengan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam P5 di sekolah dasar serta dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian dilakukan melalui studi literatur dan observasi terhadap pelaksanaan projek P5 di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam P5 di sekolah dasar dilakukan melalui berbagai pendekatan, seperti penggunaan cerita rakyat, lagu-lagu tradisional, serta permainan lokal dalam pembelajaran sehari-hari, Tantangan dalam Implementasi P5 berbasis kearifan lokal yaitu keterbatasan sumber daya seperti buku dan bahan ajar yang mendukung, serta kurangnya pemahaman guru tentang cara mengintegrasikan kearifan lokal dalam kurikulum, Dampak penggunaan kearifan lokal dalam projek P5 berdampak positif pada pembentukan karakter siswa. Siswa lebih menghargai budaya lokal, memiliki rasa cinta tanah air yang lebih kuat, serta mengembangkan sikap toleransi dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
References
Borrowski, T. (2019). The Battelle for Kids P21 Framework for 21st Century Learning. In P21 Partnership for 21st Century Learning. University of Illinois at Chicago. http://www.p21.org/our-work/p21-framework.
Kabanga Theresyam., dkk (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 3 Tikala. Prosiding Yniversitas Kristen Indonesia Toraja, 3 (2). 149 – 156.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Muslich, M. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permana, R. (2010). Kearifan Lokal Sebagai Modal Pendidikan Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rahman, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 155-166.
Sibarani, R. (2012). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Batak. Medan: USU Press.
Simarmata, D. (2017). Penerapan Nilai Gotong Royong Berbasis Kearifan Lokal dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(1), 87-94.
Trivena, dkk (2023). Character Education Values in Traditional Dance Extracurricular Activities in Elementary Schools. International Journal of Religion, Vol. 5 (9). 470-478.