PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 8 RANTEPAO

Authors

  • Isti Kartika Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/cws53306

Keywords:

Membaca Pemahaman, Srategi Pembelajaran , Think Talk Write

Abstract

Strategi Think Talk Write bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SDN 8 Rantepao. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 19 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan membaca, di mana pada siklus kedua lebih dari 80% siswa mencapai nilai KKTP ?75. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

References

Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Pendidikan Indonesia?: Kurikulum Berubah , Pendidikan Membaik?? JISMA: Journal of Information Systems and Management, 02(05), 17–23.

Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918.

Theresyam Kabanga, P. W. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SDN 213 Inpres Lemo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja, 25-30.

Roisah, T. K. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(3), 1481-1487.

Widya Nindi Sari, S. E. (2019). Strategi Think-Talk-Write (TTW) dan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Ekposisi. Jurnal Ortopedagogia, Vol 5 No 1 , 24-27.

Khusna, A., Sulianto, J., & Widyaningrum, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantu Media CD Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Penididikan, 10(2), 136–148.

Rubianus. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Saluputti. Jurnal KIP Universitas Kristen Indonesia Toraja, 11- 18.

Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.

Asiah, T. N., Pahala, L., & Nursiwan, A. (2024). Peranan Pembiayaan Murabahah Terhadap Pendapatan Pegawai Yayasan Aminahusen ( Studi Kasus di KBMT Mukti Raharja ). 2, 29–33.

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Rosidin. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Istifkar, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.20

Sundari, R. R., Halidjah, S., Program, S. M., Pendidikan, S., Sekolah, G., FKIP, D., & Pontianak, U. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik SQ3R Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8, 1–8.

Downloads

Published

2025-10-27